Breaking

Kamis, 05 April 2018

TIPS AMAN BELANJA DI PASAR GROSIR TEGAL GUBUG

pasar sandang tegal gubug dan Pusat grosir pakaian


Pasar sandang dan pusat grosir Tegal Gubug adalah salah satu pasar Tradisional yang dimiliki oleh Pemerintaha Kabupaten Cirebon Jawa Barat, Berada di Desa Tegal gubug kec. Arjawinangun Cirebon. Letak pasar Grosir tegal gubug yang berada di pinggir jalan Pantura menambah strategisnya Posisi pasar ini, para pedagang dan pembeli tidak akan kerepotan untuk akomodasi barang daganganya baik datang ataupun waktu pulang.
Namun demikian melihat besarnya dan luasnya pasar grosir tegal gubug yang mencapai kurang lebih 30 Ha ini terkadang tidak gampang dijangkau seluruhnya bagi para pecinta belanja ataupun pendatang baru untuk tujuan belanja. Bagaimanapun inilah keunikan Pasar Tradisional ini.
Ada beberapa Tips buat anda yang ingin mencoba berbelanja di pasar grosir Tegal gubug ini agar tidak keliru dan salah presepsi terhadap tata cara berjualan di pasar ini, sehingga anda paham dan bisa mendapatkan hasil barang buruanya dengan baik.
TIPS
A.Jika anda hendak membeli bahan/ kain maka pastikan anda untuk memahami 
beberapa hal :
Bahan/kain penetapan harga dibagi mejadi :                                                  
                  a. Harga Gulungan/yard ( 1 yard = 90 cm )
                  b. Harga Meteran
                  c. Harga Kiloan
PERHATIKAN :
   1. Pastikan pada saat anda membeli kain terutama Yard pendekan ( bukan Roll pabrikan ) untuk memperhatikan apakah dalam gulungan tercampur antara kwalitas baik dengan kwalitas jelek, karena ada saja pedagang yang tidak mau rugi dengan cara mencampur bahan/kain kwalitas A dengan kain kwalitas C/D, intinya anda harus lebih jeli agar tidak kecewa.
   2. Begitu juga dengan pembelian Kiloan, harga bahan/kain kiloan terhitung sangat murah,tapi harus dipahami dan maklum bahwa harga kiloan adalah harga terendah dengan demikian Kwantitas akan berbanding tidak sama dengan kwalitas baik/ original. Biasanya bahan kiloan akan berisi bahan dengan ukuran random, anda bisa menanyakan kepada penjual berapa ukuran maksimal dan berapa ukuran minimal dan sebagainya.
   3. Untuk pembelian meteran sebaiknya anda buka gulungan dan perhatikan pada saat mengukur, jangan sampai ada lembaran kain yang bernoda atau masih ada tulisan atau cap dari pabrik.
   4. Pastikan juga untuk menyanyakan Garansi kwalitas dan return jika nantinya setelah barang dicek atau dibuka gulungan ternyata terdapat campuran kain yang jelek agar bisa dipulangkan.
   5. Pastikan anda selalu meminta Nota belanja
   6. Cek uang kembalian jika memang ada uang kembalian, mengapa? Karena pasar Grosir tegal gubug adalah pasar Besar dengan Jumlah pengunjung Ribuan, terkadang ada yang memanfaatkan untuk kejahatan pencucian uang palsu. Bisa jadi uang kembalian anda adalah uang yang diperoleh dari uang palsu.
   7. Mintalah Nomor Telphone untuk Komunikasi, hal ini akan memudahkan anda untuk reorder by phone ataupun untuk Fast complain ( komplin segera ) agar pemilik barang segera tahu kalau terdapat bahan yang cacat/ tidak baik.
   8. Pola pikir. Perlu di pahami mengapa harga bahan di pasar sandang tegal gubug cenderung murah, hal ini karena secara umum banyak penjual bahan yang menjual  bahan sisa gudang walaupun layak pakai. Jadi pembelilah yang harus bijak dan pandai-pandai mengolah bahan tersebut.
   9. Hati-hati terhadap barang bawaan saat menawar atau membeli barang, kebiasaan para pembeli pada saat menawar barang dengan meletakan tas atau handphone di atas barang dagangan atau di lantai harus dihindari,karena bisa saja ada pihak atau orang yang jahat memanfaatkan situasi lengah anda.
     10. Pastikan anda tidak menitipkan barang dagangan kepada siapapun yg tidak anda kenal. Banyak kasus terjadi barang hilang karena dititipkan kepada sembarang orang. Jika harus menitipkan barang maka serahkan kepada :
a.   Security di Pos jaga
b.   Penitipan Resmi pasar
c.   Penjaga toilet umum dipasar
Untuk penitipan kepada tukang becak atau ojek bila belum kenal pasti juga harap dihindari.
1 1. Sebelum datang atau belanja ke pasar grosir tegal gubug pastikan anda sudah memiliki tujuan barang apa nantinya yang akan di beli agar setelah sampai di pasar tegal gubug anda tidak bingung.
    Semoga Tips ini bermanfaat. 
   


3 komentar:

  1. Inggeh kang matur nuwun..
    Kepingin saget mriku tp mboten gada modal..
    Pdhl teng desa Kulo seluruh ny konveksi an butuh bahan baku kain kiloan..
    Semoga 1 hari nti saya bisa beruntung ada orang yang mau memodali saya u/ kulakan teng pasar Tegal gubug mriku..
    #AmminGusti
    #Ammin..

    BalasHapus
  2. Niki WhatsApp Kulo menawi saget berbagi info : 08563355038 ...
    Kulo Rizal ..

    BalasHapus

Adbox